Tentang Prodi

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah program studi yang mempersiapkan calon guru Sekolah Dasar (SD), dimana ruang lingkup PGSD terkait dengan lima bidang studi SD (Matematika, IPA, IPS, PKn, dan Bahasa), serta terkait dengan bidang pendidikan secara umum dan khususan SD. Agar dapat bersaing dimasa yang akan datang, mahasiswa dibekali pula dengan wawasan kemandirian, kewirausahaan serta kerjasama tim antar disiplin ilmu agar dapat berkompetisi, berkarya, berkontribusi dan mengembangkan diri di komunitas professional. Kurikulum pendidikan di Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dievaluasi setiap 2 tahun sekali dan kurikulum Prodi S1 PGSD sekarang mengacu pada Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

Prodi S1 PGSD telah terakreditasi BAN PT dengan predikat “B” sesuai surat keputusan BAN-PT No. 180/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013. Prodi S1 PGSD terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT) dengan kode Program Studi  86206 dan kode universitas 031011.

Program studi S1 PGSD, berdasarkan SK pendirian program studi didirikan pada tanggal 9 Desember 2009 yang ditanda tangani oleh dr. Fasli Djalal, Ph. D. dengan no. SK pendirian adalah 2361/D/T/2009. Program studi ini lahir sebagai bagian dari salah satu program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Prodi ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan guru SD yang besar serta berkualitas yang sejalan dengan perkembangan pesat teknologi informasi.

Untuk menjalankan caturdharma perguruan tinggi, program studi dipimpin oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) dibantu oleh Sekretaris Program Studi (Sekprodi) dan beberapa koordinator.