Profil Lulusan

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian  pembelajaran lulusan  yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG). Pofil lulusan dapat dideskripsikan pada tabel 1. Pada tabel bawah ini:

Profil LulusanDeskripsi Profil Lulusan
Calon Pendidik Guru SD Calon pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan yang selaras dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan.
Peneliti Pemula bidang pendidikan sekolah dasarPeneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang selaras dengan karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan.
Wirausaha pendidikan sekolah dasarSeorang wirausaha yang mampu memberikan kontribusi keilmuannya dalam memecahkan permasalahan di lingkungan bermasyarakat berdasarkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. capaian pembelajaran lulusan yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Standar Nasional Pendidikan Tinggi(SN-DIKTI) dan Standar Nasional Pendidikan Guru(SNPG).

A. Sikap(S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik.

B. Keterampilan Umum(KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, dan
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

C.Keterampilan Khusus(KK)

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, social, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran.
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
  4. Memilih dan menerapkan pendekatan serta model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran.
  6. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.
  7. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi.
  8. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman.
  9. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas.
  10. Mengelola kurikulum tingkat satuan pendidikan.

D. Penguasaan Pengetahuan(PP)

  1. Memahami landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, psikologis, dan empiris pendidikan.
  2. Memahami konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan;
  3. Menguasai teori belajar dan pembelajaran.
  4. Menguasai tujuan, isi, pengalaman belajar, dan penilaian dalam kurikulum satuan pendidikan.
  5. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian